Pages

Rabu, 02 September 2015

Ketika Diri Merasa Lelah

Adakalanya kita merasakan titik terjenuh dalam kehidupan. Entah apa penyebabnya, entah karena lelah atau karena ada masalah yang menghampiri atau karena tuntutan kehidupan yang harus diselesaikan?
Memang begitulah hidup, takkan pernah berhenti kecuali Allah telah memerintahkan malaikat-Nya untuk mencabut hidup kita. So siapkah kita menghadapi hal itu? Siap tak siap harus dipersiapkan. Kehidupan akan terus berjalan seperti roda atau seperti waktu yang tak berhenti. Setelah selesai satu urusan maka akan ada urusan lain yang harus diselesaikan.
Terus, kembali ke topik awal? Apa yang harus dilakukan ketika kita sedang berada di titik terjenuh kehidupan. Banyak cara yang bisa dilakukan yaitu :

  1. Ingatlah selalu ya begitulah hidup, untuk berlelah-lelah dan untuk bersusah-susah. Tapi jangan disusah-susah karena emang hakikatnya sudah susah.
  2. Berhenti sejenak dan renungkan apa yang telah kita lakukan selama ini. Sudah berapa hal yang bermanfaat yang telah dilakukan atau sudah berapa banyak keburukan yang telah dilakukan.
  3. Tarik nafas dalam-dalam dan ucapkan "Semua akan baik-baik saja"
  4. Ingat semua target dan impian, apakah sudah tercapai atau belum?
  5. Cari motivasi yang bisa menguatkan kita. Bisa dari orang tua, teman, guru, buku, atau yang lainnya. Tapi yang terpenting adalah munculkan motivasi pribadi. Karen itulah yang terpenting. Karena percuma saja jika banyak motivasi dari luar tapi motivasi diri sendiri tidak ada, maka tidak akan ada yang dilakukan.
  6. Rehat sejenak dan manjakanlah diri kita. Bisa dengan melakukan hobi atau hal yang disukai, berlibur atau hanya beritirahat di rumah.
  7. Menghindar sejenak dari keramaian. Karena in bisa membuat keadaan lebih tenang.
  8. Dan inilah yang terpenting. Ada Allah sebagai pelepas lelah kita. Kapan saja kita merasa lelah Dia akan siap merangkul kita dengan kasih sayangnya. Ini sangat mudah untuk dilakukan. Tidak perlu bermodalkan harta yang banyak, cukup bersujud dengan kepasrahan hati dan keikhlasan.
"Jika tidak ada dinding untukmu bersandar, jika tidak ada tangan yang menggenggammu erat, ingatlah ada sejadah yang selalu terbentang untukmu bersujud"


Itulah Catatan hari ini, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar